Article Detail

HASIL SELEKSI KARYA TULIS ILMIAH

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kopetensi guru dan peserta didik dalam pemanfaatan sains dan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu melalui penyelengaraan lomba karya tulis ilmiah.  Untuk itulah Yayasan Tarakanita mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah bagi para guru dan peserta didik, dengan tujuan :

  1. Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  2. Menumbuhkan etos ilmiah dikalangan peserta didik, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya
  3. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian
  4. Meningkatkan kemampuan bagi guru untuk mendampingi Peserta Didik dalam membuat karya sejenis atau penelitian.

Berdasarkan hasil pencermatan dan penjurian yang sudah dilaksanakan pada 11 sampai dengan 12 Januari 2017, maka terpilih 5 (lima) peserta yang akan mewakili Wilayah Jawa Tengah untuk mengikuti rangkaian lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional pada tahun 2017.

Kategori

Jenjang

Nama

Judul Proposal

Unit

 Peserta Didik

 SD

 Bernadinus Ageng N

 Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Asri dengan  Memanfaatkan Limbah Tahu sebagai Media Tanam

 SD Tarakanita Magelang

 Peserta Didik

 SMP

 Ni Kadek Meilya  Ditasari

 Apakah Getah Pohon Pisang Bisa Digunakan sebagai  Pewarna Bahan Batik Tulis

 SMP Tarakanita Solo  Baru

 Peserta Didik

 SMA/K

 Vina Novita  Gunawan

 Pemanfaatan Buji Nangka Sebagai Alternatif Bahan  Dasar pembuatan Es Krim

 SMA Tarakanita Magelang

 Guru

 SMP

 Maria Dewi  Sulistyarini

 Pengelolaan Daun Kelor Menjadi Mie

 SMP Pendowo Ngablak

 Guru

 SMA/K

 Anggoro Sulistyo

 Efektifitas Teh Celup dari Daun Kersen sebagai  Minuman Penurun Asam Urat

 SMA Tarakanita Magelang

Kelima peserta tersebut akan mempersiapkan lagi untuk menghadapi penjurian Tingkat Nasional.

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment