Article Detail

TEST PEMBELAJARAN BERBASI TIK

Metode pembelajaran yang banyak dikembangkan saat ini adalah metode pembelajaran berbasis TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi). Hal ini terjadi karena sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan dalam dunia pendidikan agar pembelajaran semakin maju, lebih efisien dan efektif sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi di sekolah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Tarakanita. Yayasan Tarakanita sangat intens dalam meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis TIK. Salah satu upaya yang dilakukan, pada tanggal 20 Juni 2016 Yayasan Tarakanita melakukan test kemampuan guru dalam memanfaatkan sarana TIK dalam proses pembelajaran. Hasil test kemampuan guru menjadi dasar pengembangan dan perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih lanjut. Berbicara tentang TIK, erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran. Adalah hal yang menarik dan lebih bermanfaat daripada hanya sekedar belajar mendengarkan penjelasan dari guru (teacher center) bila konsep pembelajaran dengan TIK diaplikasikan sesuai dengan fungsionalitasnya. Metode pengajaran satu arah, akan membuat siswa bosan. Guru menerangkan, siswa hanya mendengarkan. Harapan dari sebuah pembelajaran adalah aktivitas yang membuat seorang siswa memiliki pengetahuan atau bahkan membangun sendiri pengetahuannya melalui sumber-sumber ilmu yang sangat beraneka ragam. Beberapa media TIK seperti PC, Internet, Radio, Telepon, Televisi, Printer, LCD Proyektor, TIK sebagai solusi pembelajaran pada intinya adalah bagaimana menyajikan materi pembelajaran secara menarik sehingga siswa senang untuk belajar dan bagaimana proses belajar itu tidak dibatasi oleh dimensi ruang maupun waktu.
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment