Article Detail

UJI KEMAMPUAN GURU BERBAHASA INGGRIS

Jumat, 25 Mei 2018 seluruh guru Tarakanita Wilayah Jawa Tengah mengikuti  Uji Kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Biro Personalia Yayasan Tarakanita mulai Pk.13.00 sampai dengan Pk. 15.10. Total sebanyak 96 guru dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/K baik yang berstatus purnawaktu maupun penggal waktu/honorer.

Pelaksanaannya terbagi dalam 2 (dua) tempat yaitu 70 peserta dilaksanakan di SD Tarakanita Magelang terbagi dalam 4 (empat) ruang dan 26 peserta dilaksanakan di SMP Tarakanita Solo Baru dalam 1 (satu) ruang. Adapun pelaksanaan uji kemampuan guru dalam berbahasa inggris meliputi kemampuan Listening Comprehension, Structur and Written Expression, dan Reading Comprehension. Seluruhnya dikerjakan secara tertulis oleh peserta dibagi dalam 3 sessi sesuai durasi waktu yang disediakan. Untuk materi Listening dibantu dengan perangkat audio secara central. Di samping itu melibatkan juga karyawan Kantor Wilayah dan beberapa TU unit sekolah untuk menjaga tiap ruang ujian dan membantu teknis  membagikan/mengumpulkan soal maupun lembar jawab seluruh peserta serta kelengkapan administrasi lainnya. Dari Kantor Pusat Yayasan Tarakanita hadir Bapak Aurelius Arya Saputra (Kepala Biro Personalia) yang bertugas sebagai pengawas di Solo Baru dan Bapak Paulus Triyatno (Kasub Biro Bid. Pengembangan SDM) yang bertugas sebagai pengawas di Magelang.

Disampaikan oleh Bapak Arya dalam pengantarnya bahwa tes kemampuan ini sebagai upaya Yayasan Tarakanita melakukan pengembangan terhadap SDM setiap wilayahnya. Harapannya setiap peserta dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai daya dan upaya dalam mengembangkan diri sehingga sejalan dengan tujuan Tarakanita. Adapun untuk peserta di Magelang disampaikan oleh Bapak Triyatno bahwa Uji kemampuan guru dalam berbahasa inggris diselenggarakan sebagai usaha untuk pemetaan SDM secara nasional dalam kemampuan guru berbahasa inggris, upaya pengembangan SDM, dan untuk menjawab tuntutan Kurikulum Tarakanita.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment